Type Here to Get Search Results !

adsense

DPD Apkasindo Kabupaten Bengkalis, Keluhkan Nasib Petani Kelapa Sawit di Duri

 



DURI-Turunnya harga tingkat jual tanda buah segar (TBS) sawit bagi petani di Indonesia umumnya, khusus Kabupaten Bengkalis menjadi persoalan pelit keberlangsungan nasib petani.


Kerugian timbul terhadap para petani dirasakan sangat berat terlebih harga beli pupuk yang tinggi, sebagaimana disebut oleh Ketua Apkasindo Robert Manulang,didampingi dewan penasehat Rianto, pembina H Samda serta Ali Mujahidin SH selaku sekretaris Apkasindo Kabupaten Bengkalis berikut giat dialog bersama Asisten I Bupati Bengkalis serta Dinas Perkebunan Bengkalis.





Menurut Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Bengkalis Robert Manulang, seharusnya, pemerintah jika membuat aturan atau regulasi yakni DMO sawit, seharusnya diimbangi dengan komponen pendukung agar ekonomi sawit bisa kondusif,"ujarnya.


Harga TBS disebutkan senilai 1250,- kilogram tak seimbang dengan harga pupuk tingkat pembelian bagi petani.





Terjadinya penurunan harga TBS sawit, bisa menimbulkan kemiskinan petani dan resah disampaikan ke pemerintah diwakili asisten 1 dalam temu rundingnya di Gedung Bathin Betuah Duri bersama DPRD Kabupaten Bengkalis,Hendri Hasibuan dan Apkasindo serta masyarakat petani.


Diterangkan Robert Manulang jika terjadinya kenaikan dan penurunan harga TBS adalah hal wajar namun turun tajam itu dengan harga pupuk tinggi jelas membunuh petani pelan pelan dan akan menimbulkan kurva kemiskinan meningkat.


"Apkasindo meminta kepada pemerintah pusat lembaran keluhan resmi agar kebijakan yang diambil tentang CPO dan harga sawit bisa diikuti juga,"katanya.


Pembina Apkasindo Rianto sangat berharap pemerintah mengawasi distribusi dan penjualan pupuk subsidi bisa tepat sasaran.


"Jangan dimainkan harga jual pupuk subsidi,"ujarnya.


Kebijakan Domestik Market Obligation (DMO) dari pihak kementerian perdagangan dengan harga khusus atau Domestik Price Obligation (DPO), sejak 27 Januari 2022 dinilai Ali Mujahidin sengsara bagi masyarakat petani.


Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) daerah Kabupaten Bengkalis keluhkan adanya penurunan harga TBS yang signifikan di beberapa hari terakhir di 22 Provinsi dan 146 Kabupaten dan Kota provinsi harus jadi perhatian pemerintah.(Joni Romenggo)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Iklan



Hollywood Movies