Type Here to Get Search Results !

adsense

Bersama, Cegah Korupsi Sejak Dini

 


DURI-Hari antikorupsi dunia adalah hari keprihatinan bagi kita semua. Karena dengan peringatan hari antikorupsi dunia, kita dingatkan bahwa ada hal serius yang harus dijadikan perhatian lalu memberantasnya bersama-sama.


Hari antikorupsi dunia memberi makna peringatan (alarm warning) bahwa kita masih memiliki masalah korupsi. Sebab, tidak semua negara melaksanakan peringatan hari antikorupsi, terutama negara-negara yang memang tidak lagi menempatkan korupsi sebagai masalah serius atau karena emang tidak ada lagi kasus korupsi (zero corruption). 


Saya berharap, suatu saat, kita tidak lagi melaksanakan peringatan hari antikorupsi sedunia karena negara sudah bersih dari korupsi dan kita sudah terbebas dari rasuah. 


"Untuk itu, mari kita bersama mengambil peran untuk melakukan pemberantasan korupsi sesuai dengan tataran hak, kewajiban, kewenangan. Kita semua harus berperan aktif membebaskan bangsa kita dari masalah korupsi" Ungkap Sanusi. 


Banyak hal yang bisa seluruh anak bangsa lakukan dalam rangka pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


KPK merupakan garda terdepan atau tumpuan harapan masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi. KPK harus kita sokong untuk melakukan tugas pokoknya sesuai amanat Pasal 6 UU Nomor 19 Tahun 2019, yakni meliputi pencegahan tindak pidana korupsi, monitoring atas pelaksanaan program pemerintah dan pelayanan publik, seluruh instansi yang berwenang melakukan pemberantasan, melakukan supervisi, melakukan penyelidikan penyidikan dan penuntutan, dan melaksanakan keputusan pengadilan dan hakim yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. 


Tugas-tugas tersebut tidak akan efektif tanpa bekerja sama dan bersinergi dengan seluruh instansi, elemen bangsa, pimpinan lembaga, baik Pemerintah, swasta, kalangan dunia usaha, juga dengan tokoh-tokoh agama, adat, pemuda, masyarakat, pendidikan, budayawan. Semua harus bersatu melakukan upaya pencegahan untuk tidak ada lagi korupsi.


Diharapkan, dengan adanya upaya sejumlah pihak untuk menekan angka korupsi di Indonesia, menghasilkan kondisi ekonomi dan pembangunan yang lebih baik.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Iklan



Hollywood Movies