Type Here to Get Search Results !

adsense

Pansus DPRD Bengkalis Sempurnakan Ranperda RIPPAR Bersama OPD

 


Bengkalis - Pansus Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPPAR) untuk kesekian kalinya menggelar rapat bersama Tim dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), soal penyempurnaan Ranperda RIPPAR Kabupaten Bengkalis di ruang rapat, pada Selasa (22/06) kemarin.


Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, Anharizal beserta jajaran dan perwakilan dari Dinas perhubungan Kabupaten Bengkalis Hurri, turut hadir dalam rapat penyempurnaan Ranperda RIPPAR.


Ketua Pansus RIPPAR DPRD Bengkalis, Adri menjelaskan, jika melihat dari hasil RIPPARKAB sudah diserahkan ke akademisi yang ahli dibidangnya.


“Dari sisi kompleksitasnya, itu sudah komplit. Tapi ada beberapa hal yang perlu dipelajari dan disesuaikan dengan kondisi daerah kita. Dari sisi perjalanan, semenjak RIPPARKAB dibentuk kami sudah berkomunikasi dan berdiskusi dengan Payakumbuh, Labusel, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi," ujarnya.


Pasal per pasal sambung Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini, perlu dibahas untuk melihat bagaimana fokus kita, seperti salah satu poinnya menetapkan ibukota Kabupaten Bengkalis sebagai pusat pelayanan serta sekundernya Tanjung Medang dan Rupat Utara. Di sini perlunya pakar hukum dalam mengantisipasi hal tersebut dan menjadi salah satu pertimbangan bagi kita, bebernya.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, Anharizal mengatakan, secara garis besar rancangan peraturan daerah yang disampaikan merupakan rencana Induk pembangunan kepariwisataan Kabupaten Bengkalis tahun 2021 -2035 (RIPPARKAB) yang bakal menjadi pedoman utama bagi perencanaan, pengelolaan dan pengendalian pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Bengkalis.


“RIPPARKAB ini sangat vital dan punya peran strategis sebagai panduan pengembangan pariwisata dan sistem tata kelola di Kabupaten Bengkalis. Mengingat pariwisata memiliki peranan penting sebagai salah satu sektor pendorong laju pertumbuhan ekonomi negara dan daerah."


Hal itu tetap berpedoman pada prinsip pembangunan kepariwisataan berbasis masyarakat, pariwisata halal, pariwisata terintegrasi dan pariwisata berkelanjutan dengan mengangkat visi pembangunan pariwisata daerah, yakni terwujudnya Kabupaten Bengkalis sebagai destinasi pariwisata halal berbasis budaya melayu dan alam yang berdaya saing dan berkelanjutan, serta memiliki misi pembangunan pariwisata dengan tetap menjaga kelestarian, dan keberlanjutan lingkungan, kata Anharizal.


Wakil Ketua Pansus DPRD Bengkalis, Febriza Luwu mengingatkan, untuk penyusunan Ranperda RIPPARKAB ini mesti disinkronisasikan antara Provinsi dan Kabupaten, agar penyusunan RIPPAR tidak meninggalkan acuan yang sudah di tetapkan oleh Permenpar Nomor 10 tahun 2016 yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah.


“Jangka waktu harus mengikuti Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) sehingga tidak ditetapkan jangka waktunya 15 tahun. Penting diperhatikan bahasa dalam penyusunan RIPPARKAB menggunakan bahasa baku yang mudah dimengerti oleh masyarakat banyak," imbaunya.


Kepada tim dari OPD untuk dapat mengakomodir visi misi kepala daerah, sebab pada saat perancangannya dibuat kepala daerah terpilih belum dilantik. Konsep ini harus sesuai dan selaras dengan visi misi kepala daerah. Apalagi banyak tempat-tempat wisata baru di Kabupaten Bengkalis yang perlu diakomodir dalam RIPPAR ini, kata Irmi Syakip Arsalan


“Perlunya gambaran secara detail dan rinci dalam pembahasan ini sehinga lebih terfokus pada sasaran yang diharapkan. Bengkalis daerah yang unik, dengan penjelasan secara rinci dapat kita sempurnakan Ranperda ini nantinya menjadi destinasi wisata religi termasuk wisata wisata lainnya,” tambah Morison menimpali.


Pada rapat tersebut dibahas pasal per pasal mengenai jenis wisata yang ada. Tak cuma itu, diminta untuk lebih mendetail mengenai wisata budaya yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Iklan



Hollywood Movies