Type Here to Get Search Results !

adsense

Tahukah Kamu Kapan Idul Fitri Pertama Kali Dirayakan?

 



Riau4News-Dilansir dari laman berita Okezone, IDUL Fitri atau bisa disebut dengan Lebaran adalah hari di mana umat islam merayakan hari kemenangan setelah menjalani ibadah puasa satu bulan lamanya. Sudah banyak orang menunggu-nunggu hari kemenangan tersebut.


Saat Ramadan pun ada suatu momen yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia yaitu maaf-maafan. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui kapan pertama kali Idul Fitri dirayakan. Berikut adalah kisah awal mula perayan Lebaran dikutip dari berbagai sumber.


Jauh sebelum Islam diturunkan, masyarakat jahiliyah Arab ternyata sudah mempunyai dua hari raya, yaitu Hari raya Nairuz dan Mahrajan. Dimana para masyarakat jahiliyah merayakannya dengan berpesta pora.

Mereka berpesta di dua hari raya itu dengan menari-nari, adu ketangkasan, makan-makanan yang lezat dan minum-minuman memabukan (Khamar).


Barulah ketika Nabi Muhammad diutus Allah untuk membimbing semua orang untuk masuk ke jalan yang benar, turunlah kewajiban menunaikan ibadah puasa Ramadan pada tahun 2 Hijriyah. Sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan An-Nasa’i, Rasulullah SAW bersabda:


"Sesungguhnya Allah mengganti kedua hari raya itu dengan hari raya yang lebih baik, yakni Idul Fitri dan Idul Adha." (HR Daud dan Nasai)


Kita pasti sudah mengetahui tiap kaum memiliki hari rayanya masing-masing, Rasulullah SAW sendiri juga membenarkan bahwa setiap kaum memiliki hari raya masing-masing.


Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, Abu Bakar pernah memarahi dua wanita Anshar memukul rebana sambil bernyanyi-nyanyi. "Pantaskah ada seruling setan di rumah, ya Rasulullah SAW?" kata Abu Bakar.



Rasulullah SAW bersabda:


"Biarkanlah mereka wahai Abu Bakar! Karena tiap-tiap kaum mempunyai hari raya, dan hari ini adalah hari raya kita,"


Untuk pertama kalinya Lebaran dirayakan umat Islam. Dirayakan selepas Perang Badar yang terjadi pada 17 Ramadan 2 Hijiriyah.


Seperti yang diketahui, dalam Perang Badar, Umat muslim hanya mempunyai pasukan sebanyak 319 penjuang dan harus berhadapan dengan 1.000 tentara dari kaum kafir Quraisy. Namun karena kehendak Allah SWT kaum muslim memenangkan peperangan itu.


Seusai perang Badar Nabi Muhammad SAW dan kaum muslim merayakan dua kemenangan yang pertama adalah kemenangan perang badar dan kemenangan melawan hawa nafsu karena telah beribadah puasa satu bulan lamanya.


Menurut sebuah riwayat, Nabi Muhammad dan kaumnya pertama kali menjalankan ibadah salat Idul Fitri selepas perang badar dalam kondisi luka-luka belum sembuh. Nabi Muhammad melaksanakan salat dalam keadaan letih sampai-sampai bersandar pada Bilal RA untuk menyampaikan khutbahnya.


Hingga kini, Idul Fitri telah menjadi salah satu hari raya yang dijalankan oleh umat muslim setiap tahunnya. Umat muslim biasanya merayakan Idul Fitri untuk menjalin silaturahmi ke seluruh keluarga dan ajang memutuskan dosa-dosa dengan cara bermaaf-maafan.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Iklan



Hollywood Movies