Ir. Effendi Sianipar Melaksanakan Kegiatan Safari Gemarikan *KKP Ajak Masyarakat Siak Makan Ikan Untuk Perangi Stunting



SIAK-Ikan merupakan salah satu asupan gizi kaya protein dan Omega 3 yang sangat relevan untuk mendukung program prioritas penanganan stunting khususnya berkaitan dengan kecerdasan. 



Periode Maret s.d Juli 2021, KKP melalui Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan bersama Komisi IV DPR RI pada periode Maret s.d Juli 2021 akan melaksanakan kegiatan perluasan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) melalui penyerahan paket Gemarikan di 112 kabupaten/kota yang tersebar di 21 provinsi, dengan target penerima sebanyak 56 ribu orang yang terdiri dari kelompok target penanganan stunting yaitu ibu hamil dan/atau menyusui, anak balita dan remaja putri usia produktif, dan masyarakat rawan gizi lainnya. 




Pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 KKP bersama Bapak Ir. Effendi Sianipar, Komisi IV DPR RI melaksanakan kegiatan Safari Gemarikan di Rumah Aspirasi Effendi Sianipar, Kelurahan Kandis Kota, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, yang dihadiri oleh Direktur Pemasaran, Tenaga Ahli Anggota Komisi IV DPR RI, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak. 




Tujuan kegiatan Safari Gemarikan untuk meningkatkan konsumsi ikan, mendukung penurunan stunting, mempromosikan produk perikanan sebagai makanan kaya gizi dan protein, dan menyerap produksi ikan dan produk olahannya serta pemenuhan gizi masyarakat.




Machmud, Direktur Pemasaran menyebutkan secara nasional angka konsumsi ikan terus meningkat dari tahun ke tahun, namun tingkat konsumsi ikan tersebut tidak merata di semua wilayah di Indonesia, baik provinsi maupun antar kabupaten/kota.


 Berdasarkan data Susenas (2019), AKI Provinsi Riau sebesar 47,27 kg/kapita/tahun pada tahun 2019, meningkat sebesar 9,6% dibandingkan tahun 2018 (43,13 kg/kapita/tahun) setara ikan utuh segar.


 Sedangkan AKI Kabupaten Siak berdasarkan Data Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak tahun 2019 sebesar 39,69 kg/kapita/tahun dan meningkat pada tahun 2020 menjadi 41,22 kg/kapita/tahun setara ikan utuh segar.


Pada kesempatan tersebut, Direktur Pemasaran KKP melaporkan kegiatan Safari Gemarikan di Kota Istana (Kabupaten Siak) dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2021 melalui penyerahan 500 Paket Gemarikan kepada target kelompok masyarakat. Paket tersebut akan disampaikan secara simbolis kepada perwakilan penerima di lokasi, dan untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat di Kabupaten Siak.

Adapun paket Gemarikan yang diberikan terdiri dari bilis asam, ikan asin tuakang, abon ikan gabus, stick ikan patin, pempek ikan tenggiri, ikan salai/ikan sale, dan kerupuk ikan, yang diperoleh dari pelaku usaha dan UMKM setempat, dengan harapan dapat membantu penyerapan produksi dan menjaga keberlanjutan usaha mereka pada situasi pandemi ini. Disamping itu juga disampaikan materi promosi berupa kaos dan brosur edukasi tentang manfaat makan ikan agar menjadi inspirasi dan meningkatkan motivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.


Acara dilakukan secara singkat, mengacu pada protokol kesehatan dengan rangkaian kegiatan penyerahan Paket Gemarikan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat dan sambutan singkat dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Direktur Pemasaran KKP, dan arahan singkat dari Bapak Ir. Effendi Sianipar yang diwakili Koordinator Bapak Ir. Effendi Sianipar di Kabupaten Siak.


Pada kesempatan tersebut KKP menyampaikan apresiasi kepada Bapak Ir. Effendy Sianipar, Anggota Komisi IV DPR RI, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau serta Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak beserta jajaran dan masyarakatnya yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan Safari Gemarikan sebagai bagian dari upaya untuk menangani stunting, dan meningkatkan konsumsi ikan khususnya di Kabupaten Siak. “Saya berharap para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Kabupaten Siak secara bersama-sama dapat berperan aktif dalam mencegah stunting.

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain